Inilah Tips menggunakan LPG Yang Aman, Baca Yuk !

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan – Masih ingat kan beberapa insiden yang terjadi yang erat kaitannya dengan penggunaan tabung gas 3kg lengkap dengan kompor, regulator dan selangnya. Penanganan insiden yang dilakukan pertamina diantaranya pergantian biaya pengobatan, asuransi jiwa bagi korban termasuk asuransi asset yang mengalami kerusakan dan ini telah dilakukan sejak tahun 2006 hingga 2010. Dari catatan yang ada jumlah insiden tabung gas yakni 27 insiden pada tahun 2008, 9 iniden di tahun 2009, dan 6 insiden pada pada tahun 2010. baca juga produk BBM Pertalite Pertamina

Insiden-insiden yang terjadi diatas tentu disebabkan oleh berbagai macam hal, beberapa dugaan penyebabnya seperti bocornya tabung gas LPG secara akumulatif, pemasangan regulator yang tidak pas, penggunaan tabung gas yang tidak memenuhi SOP, sampai pada lokasi penempatan tabung yang tidak tepat, kompornya juga tidak sesuai standar SNI, beberapa pemicu lainnya karena tidak adanya ventilasi yang cukup, merokok dalam ruangan, menggunakan kompor gas dan kompor LPG bersama-sama.

Nah, untuk menghindari agar insiden tersebut tidak terjadi lagi, sebaiknya Anda harus memahami benar cara menggunakan LPG yang aman dan benar, berikut tipsnya :

  • Peralatan yang digunakan semuanya harus lolos standar nasional ya ( SNI ), selalu gunakan tabung, kompor, selang dan regulator berlogo SNI, bukan abal-abal yang notabene murah tapi membahayakan keselamatan Anda dan keluarga.
  • Pilih lokasi untuk menaruh tabung ELPIJI di tempat yang datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang cukup ( ventilasi udara cukup ).
  • Lebih idel bila ventilasi dapur rumah Anda berada di dinding bagian bawah dan diarahkan ke tempat aman, karena mengingat BJ ELPIJI lebih berat dari udara, sehingga ketika terjadi kebocoran tabung gas ELPIJI akan berada di abwah lantai dan pintu dapur harus segera dibuka.
  • Pastikan selang regulator terpasang adekuat dengan klem regulator dan juga kompor.
  • Letakkan tabung ELPIJI agak jauh dari kompor atau juga sumber api lainnya agar tidak terpapar panas.
  • Pasang regulator tepat pada katu tabung LPG ( posisi knop regulator harus mengarah ke bawah, bukan ke atas ).
  • Pastikan selang terbebas dari kondisi tertekuk atau tertindih
  • Gunakan air sabun untuk memeriksa kemungkinan terjadinya kebocoran gas dari tabung, kompor, selang hingga regulatornya di bagian-bagaian yang rawan mengalami kebocoran seperti sambungan regulator ke valve tabung, sambungan selang regulator dari regulator menuju kompor. Bila terjadi kebocoran maka akan terlihat gelembung-gelembung udara kecil dan tercium aroma khas LPG.
  • Selanjutnya jika tidak ada kebocoran, maka rangkaian kompor gas siap digunakan untuk memasak.

Pertamina Solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan

Demikian beberapa rangkan tips memasang rangkain kompor gas, tabung gas, regulator dan selang dengan benar dan aman untuk meminilisir terjadinya insiden. Semoga manfaat

Advertisements

1 thought on “Inilah Tips menggunakan LPG Yang Aman, Baca Yuk !”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s